Tujuan utama sebuah hotel atau resort adalah untuk dapat mengakomodasi seseorang atau sekelompok
orang dalam properti atau fasilitas, apakah itu milik pribadi atau
waralaba. Menampung orang yang kita sebut “tamu,” perlu melalui proses
tertentu untuk tinggal di hotel atau resor. Proses ketika
didepartementalisasikan tergantung pada ukuran hotel / resort akan
memiliki departemen seperti: Front Office, Housekeeping, Laundry,
Makanan & Minuman, Outside Catering , Kitchen, Toko roti, Keuangan,
Pembelian, Penerimaan, Keamanan, Engeneering, Sales & Marketing
Department dan layanan hotel lain yang ditawarkan. Sudin hotel seperti,
Front Office, Housekeeping dan Laundry bila dikombinasikan bersama-sama
disebut Room Division. Makanan & Minuman seperti Restaurant,
Ballroom, Pool Bar, Outside Catering Unit , Kitchen and Bakery semua di
bawah Departemen Food & Beverage. Pembelian, Penerimaan , dan
Keamanan biasanya berada di bawah Departemen Keuangan. . Atau keamanan
bisa terpisah masuk Departement Human Resource Teknik seperti
pertukangan, pipa, lukisan, listrik, teknisi, lansekap, berkebun dan
pelapis semua akan berada di bawah Departemen Teknik / Engeneering .
Seniman bekerja di bawah Sales & Marketing. Oleh karena itu lima
departemen utama di hotel akan Divisi Kamar, Makanan & Minuman,
Keuangan, Sales & Marketing dan Teknik. Seperti disebutkan
sebelumnya, penciptaan departemen di sebuah hotel sepenuhnya tergantung
pada ukuran dan layanan hotel atau resor yang ditawarkan.
Room Division
Room Division biasanya dikelola oleh RD Manager. Seperti disebutkan
sebelumnya, departemen di bawah Room Division adalah front office,
Housekeeping dan Laundry.
Departemen Front Office
Front Office di hotel skala yang lebih besar memiliki bagian-bagian
di departemen seperti; Reception , Cashier, Reservation, PABX, Concierge
dan Guest Relation Officer. Posisi diselenggarakan di Front Office
adalah Front Office Manager, Asisten Manajer Front Office, Guest
Relation Officer, Duty Manager, Reservation Supervisor , Reservation
Agent, Telephone Operator, Fron Desk Agen atau Front Desk Resepsionis,
Kasir, Bell Capten / Supervisor , Bellman, Doorman dan posisi lain yang
telah dibuat berdasarkan pada layanan hotel dapat di tawarkan.
Tanggung jawab utama Front Office Manager adalah untuk memastikan dan
memuaskan tamu yang tinggal dan dengan kesan yang baik dari hotel. Dia
atau Dia bertanggung jawab untuk administrasi dan operasi dari
departemen serta perekrutan, pembinaan, pelatihan dan evaluasi karyawan
di departemen. Layanan pelanggan harus datang secara alami dengan FOM.
Atribut penting bahwa FDM harus memiliki dan membawa seluruh karyawan
front desk untuk pelatihan dan implementasi salam tamu dengan sambutan
hangat, senyum manis, kontak mata, dan sikap perhotelan. Selain itu
adalah kemampuan untuk menangani keluhan tamu atau masalah, penanganan
kesopanan dalam panggilan telepon, pengetahuan layanan yang tersedia di
departemen lain untuk penagihan yang tepat dan diskon, koordinasi yang
erat dengan departemen lain untuk permintaan tamu mungkin untuk layanan
khusus, kemampuan untuk pasar hotel, pengetahuan tentang isu-isu
pendapatan terkait, pengumpulan dan rekonsiliasi penerimaan setiap hari,
kompilasi laporan, pengetahuan hutang dan piutang, pemilahan dan
pengolahan surat / email tamu, pengetahuan tentang persiapan penggajian
(biasanya ditangani oleh FDM & AFDM) , harus diatur, akrab dengan
pemesanan, operasi sistem komputer dan hal-hal lain yang mungkin terkait
dalam kelancaran dan administrasi Departemen Front Office. FOM harus
berkepribadian dan berpakaian secara profesional sebagai salah satu
wakil utama hotel.
Asisten FOM membantu FOM dalam operasi FO, Cashier, Reservasi &
PABX / operator, Bell Service / Concierge, GSA /Guest Service Agent dan
posisi lain yang dibuat untuk kelancaran Front Office Departement.
Reception biasanya memiliki karyawan yang disebut Agent Layanan Tamu
atau Front Desk Resepsionis. GSA / FDR adalah setara dengan layanan
pelanggan di sebuah perusahaan. Tanggung jawab utama mereka adalah untuk
memenuhi kebutuhan semua tamu yang menginap di hotel, salam tamu saat
masuk ke hotel, apakah pendaftaran tamu check-in serta penanganan tamu
check out, penanganan bill tamu yang mencerminkan biaya yang timbul
selama tamu tinggal. Mendengarkan, menjawab pertanyaan, menangani dan
re-direct permintaan tamu sesuai tanpa penundaan untuk menjamin kepuasan
tamu. Fungsi pekerjaan dan suasana dapat bervariasi dalam banyak cara,
tergantung pada hotel merek, ukuran dan lokasi.
Kasir mengumpulkan uang dari tamu untuk pembayaran akomodasi dan
biaya apapun bahwa mereka telah tinggal di hotel. Biaya seperti parkir
mobil, penggunaan komputer, layanan kamar, layanan laundry, faksimili
dan layanan lainnya yang ditawarkan di hotel. Kasir harus memastikan
bahwa pertanyaan tamu pada biaya dan pelayanan hotel yang dijawab secara
akurat dan segera. Menangani dan mencatat semua transaksi keuangan tamu
selama mereka tinggal. Sebuah hotel , kasir harus dapat secara akurat
menghitung tarif kamar, diskon dan menambah ruang dan tambahan biaya
dengan menggunakan penambahan mesin atau peralatan apapun untuk akurasi.
Kasir Hotel bertanggung jawab untuk pengolahan uang tunai, kartu debit
dan transaksi kartu kredit untuk tamu, dan mungkin juga bertanggung
jawab untuk menyiapkan dan menyerahkan deposito bank sehari-hari. Kasir
Hotel harus kompeten dalam menjawab pertanyaan tamu atau keluhan
mengenai biaya pada tagihan mereka. Kasir Hotel menjamin keamanan isi
kotak penyimpanan aman. Dia harus memiliki keterampilan yang baik dalam
pelayanan pelanggan dan hubungan yang baik dengan staf hotel.
Concierge bertanggung jawab untuk pengangkutan bagasi tamu ke kamar
yang diberikan. Memperpanjang gerakan perhotelan, membuka pintu untuk
tamu setelah check-in dan menyerahkan kunci kamar kepada tamu. Membantu
tamu dalam bongkar muat barang tamu atau bagasi dan memastikan akses
mudah tamu untuk memborgol aksesori atau kursi roda. Memberikan tamu
koran harian, surat / atau surat / email ke kamar dan bahkan menjalankan
tugas untuk tamu. Mengatur tamasya, wisata, wisata, makan dan
lain-lain. Lakukan reservasi untuk pelindung dan mendapatkan tiket untuk
mereka. Menerima dan menyimpan barang-barang tamu jika diperlukan. Dia
juga melakukan tugas lain di kantor seperti yang diminta. Memberikan
informasi tentang peristiwa, fasilitas rekreasi di hotel atau di luar,
mal atau lokasi lain.
Reservasi dan PABX / operator menerima dan catatan tamu / s pemesanan
tanggal tertentu kedatangan dan keberangkatan. Dia menanggapi e-mail
dan reservasi elektronik. Melacak pemesanan tamu untuk memastikan bahwa
permintaan khusus tamu dikomunikasikan dengan baik ke departemen yang
bersangkutan. Permintaan seperti jenis kamar, jenis tempat tidur, baik
merokok atau non-merokok, tersedia sofa bed atau kursi malas, kulkas,
microwave, setrika & papan setrika dll dan ruang yang paling
tersedia terutama dengan cacat aksesibilitas. PABX adalah singkatan dari
branch exchange otomatis swasta yang merupakan sistem switching telepon
dalam suatu perusahaan. Ini adalah sistem switchboard di Front Office
di mana semua panggilan terutama dari luar hotel melewati dan kembali
terhubung ke ekstensi lain dari hotel. Operator telepon bertanggung
jawab dalam menjawab dan pemantauan panggilan yang diterima dan
panggilan yang dibuat.
Guest Relation Officer harus memiliki keterampilan interpersonal yang
sangat baik agar mampu berinteraksi dengan tamu hotel, pengunjung dan
karyawan hotel. Dia harus ramah, didekati dan dengan komunikasi yang
baik. GRO memberikan sambutan hangat untuk para tamu dan memastikan
bahwa tamu menerima perhatian pribadi pada saat kedatangan. GRO juga
harus hadir di lobi hotel untuk mengucapkan selamat tinggal pada tamu
pada keberangkatan mereka. Dia / Dia terlibat dalam strategi promosi
hotel, penjualan dan pemasaran. Sebagai perwakilan hotel, ia harus
memproyeksikan citra rapi, sikap positif dan perilaku yang baik kepada
para tamu. GRO harus memiliki pengetahuan tentang operasi Front Office
secara keseluruhan yang meliputi reservasi, cashiering, concierge,
penerimaan dan terutama bertindak sebagai manajer tugas tanpa adanya
Front Office Manager atau dia / asistennya.
Duty Manager bertindak sebagai Manager hotel dengan tidak adanya
General Manager atau Asisten Umum /EAM. Dia biasanya dimulai saat – saat
setelah atau sebelum GM atau RUPS menggeser selesai. DM / MOD harus
mengetahui hotel serta kebijakan dan prosedur departemen lain. Hal ini
sangat penting bahwa dia tahu nomor kontak darurat seperti kepolisian,
pemadam kebakaran, rumah sakit, nomor kontak General Manager dan kepala
departemen lain yang mungkin diperlukan dalam situasi atau keadaan
tertentu. Dia harus dapat menghubungi karyawan di-charge dari
masing-masing departemen dalam kasus kebutuhan layanan tamu atau kunci
tertentu untuk membuka pintu terutama untuk barang-barang tidak tersedia
yang perlu dibawa keluar dari penyimpanan utama. DM ? MOD harus
bertindak dan membuat keputusan untuk kesejahteraan para tamu, karyawan
dan hotel. Dia harus bertanggung jawab dan mampu memimpin karyawan
terhadap keberhasilan operasi hotel. DM / MOD biasanya memiliki bentuk
atau laporan untuk mengisi tentang acara khusus atau komentar yang
terjadi selama bertugas / shift. Salinan laporan ini biasanya diberikan
kepada departemen yang bersangkutan bahwa ia telah membuat san yang
dibuat secara khusus memerlukan tindak lanjut atau kesadaran.
Departemen Housekeeping
Ada dua jenis Anggaran Housekeeping, Operasional dan Belanja Modal.
1) Anggaran Operasional
Anggaran operasional adalah alokasi jumlah tertentu sebagai pengeluaran
untuk kelancaran departemen baik secara harian, mingguan, bulanan dan /
atau tahunan. Dalam Jenis Housekeeping Anggaran kasus operasi hotel,
pengendalian biaya berdasarkan persentase hunian. Jumlah yang
dianggarkan untuk bulan bisa bervariasi karena ada kali hunian dapat
bervariasi terutama di daerah atau negara mana peramalan persentase
hunian dapat diandalkan.
Dasar Anggaran Operasional Housekeeping adalah sebagai berikut:
a) Linen & Handuk
b) Perlengkapan Tamu dan Fasilitas
c) Perlengkapan Cleaning
d) Perlengkapan Laundry
e) Mesin, Peralatan & Perlengkapan
f) Staffing
Anggaran rumah tangga tergantung pada fungsi hotel dan apa yang ditugaskan di bawah tanggung jawab Departemen Housekeeping.
Ada item yang dianggarkan atau bagian dari departemen yang biasanya dibagi antara departemen lain.
a) Perbaikan dan Pemeliharaan
Jenis anggaran operasional diisi antara Housekeeping dan Teknik atau Departemen Pemeliharaan.
b) Anggaran Seragam
Biaya seragam disusun oleh Pengurus Rumah Tangga / Human Resource
berkoordinasi dengan departemen terkait lainnya. Gaya dan warna
koordinasi seragam tersebut juga dibahas dengan masing-masing departemen
dan meminta persetujuan dari General Manager dan kemudian dibebankan
pada masing-masing departemen yang sesuai.
c) Anggaran Dekorasi
Salah satu peran yang paling penting dari rumah tangga adalah untuk
memperindah hotel dan dekorasi adalah salah satu fungsi rumah tangga.
Dekorasi dapat rangkaian bunga baik bunga segar atau buatan, bingkai
foto, patung, ukiran, permadani, chandelier elegan atau banyak orang
lain. Dekorasi dapat dibuat dengan Housekeeping tetapi disampaikan untuk
digunakan oleh departemen lain. Oleh karena itu, biaya yang timbul
setelah diidentifikasi dibebankan kepada department yang sesuai /
terkait.
d) Anggaran Alat tulis dan perlengkapan kantor
Anggaran ini biasanya dibagi antara Front Office dan Housekeeping
Department. Contoh dari hal ini adalah formulir yang digunakan oleh dua
departemen untuk komunikasi tertulis dan dokumentasi penting dari
operasi.
e) Miscellaneous
Ini adalah biaya-biaya yang tidak teridentifikasi dan tidak berhubungan dengan anggaran operasional yang disebutkan.
f) Landscaping & Gardening
g) Toko Bunga / Florist
Sebuah contoh yang baik dari ini adalah seperti bentuk yang digunakan
antara Front Desk dan Housekeeping untuk komunikasi dan dokumentasi
operasi . Oleh karena itu biaya yang dikeluarkan dalam penyusunan dan
pencetakan formulir ini dibagi antara dua departemen berdasarkan
konsumsi selama proses permintaan yang dibuat oleh masing-masing dari
mereka.
Contoh lain adalah ketika bagian ditugaskan untuk rumah tangga adalah
fungsi yang digambarkan sebagai bagian dari Housekeeping dan sebagian
ke departemen lain. Untuk mengutip contoh untuk yang satu ini adalah
ketika unit di Housekeeping, (bisa juga Engeneering) telah ditetapkan
untuk rumah tangga. Ketika tukang bekerja melapis perabot pada jok dari
kursi untuk FB Restaurant , tenaga kerja dan bahan atau biaya yang
dikeluarkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut kemudian dibebankan
pada FB Departement.
Anggaran Dekorasi merupakan salah satu fungsi dari Housekeeping.
Dekorasi dapat dinyatakan dalam bunga apakah itu bunga segar atau
buatan. Hal ini dapat bingkai foto, patung, ukiran, permadani dan banyak
lainnya
Landscape dan anggaran Berkebun memainkan peran penting dalam memperindah hotel di dalam dan di luar hotel.
Laundry juga merupakan bagian dari anggaran rumah tangga; perhitungan
anggaran laundry didasarkan pada konsumsi pelarut dry cleaning,
deterjen, pelembut dan pemutih. Anggaran Laundry terdiri dari Pembersih
Laundry agent , staf, mesin cuci dan pengering pemeliharaan dan biaya
lain-lain untuk mengoperasikan cucian. Dalam kasus sebuah hotel dengan
in-house laundry, maka akan membutuhkan tambahan mesin pengering dengan
cairan dry cleaning, pemilahan a / menandai mesin, mesin lipat , mesin
cuci yang lebih besar, lebih jatuh pengering, daftar dry cleaning dan
daftar cucian untuk tamu, dan disediakan dalam kamar, laundry dan dry
cleaning juga tas disediakan di kamar, gerobak linen, batang hanger
bergerak dan banyak orang lain yang membantu dalam kelancaran laundry.
2 Anggaran Belanja Modal.
CAPEX atau Capital Expenditure adalah alokasi dana jauh lebih besar
dan biasanya biaya satu kali untuk setahun atau tahunan tergantung pada
proyek yang disetujui dan anggaran tahunan. Anggaran CAPEX diusulkan
dapat penggantian 5 cart. Housekeeper setiap tahun selama lima tahun,
yang berarti dana untuk biaya total lima gerobak akan dialokasikan
sebagai anggaran CAPEX setiap tahun selama lima tahun. Contoh lain dari
anggaran CAPEX adalah penggantian tirai kamar per lantai, Executive
pengurus rumah tangga kemudian akan melakukan canvassing dari total
biaya tirai per lantai dan mengirimkan jumlah ke Departemen Keuangan
dengan biaya mark-up wajar , sampai anggaran akan disetujui.
Ada banyak proyek yang dapat dianggap proyek Beban modal.
Pada dasarnya, rumah tangga harus menyerahkan 1) Anggaran Operasional dan 2) Anggaran Belanja Modal
Sumber :https://hotelakademi.wordpress.com/2014/09/17/management-room-division/
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tempat Wisata Bandung
Bandung merupakan sebuah Daerah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, Daerah ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan ...
-
Bandung merupakan sebuah Daerah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, Daerah ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan ...
-
Housekeeping atau dalam bahasa Indonesia disebut Tata Graha merupakan salah satu departemen yang berada di dalam divisi yang disebut Roo...
-
Tujuan utama sebuah hotel atau resort adalah untuk dapat mengakomodasi seseorang atau sekelompok orang dalam properti atau fasilitas, apaka...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar